Jumat, 24 Januari 2014

Contoh Makalah / karya tulis utep rancakole



BAB I
1.      LATAR BELAKANG
            Pantai pangandaran terletak di daerah ciamis jawa barat. Pantai ini juga menyimpan sejuta keindahan selain lautnya yang indah pantai Pangandaran juga mempunyai Ombak yang cukup bagus Dan Pasir putih yang indah.
            Maka tak heran banyak turis manca negara mendatangi pantai Pangandaran , Pantai ini juga sering di datangi karena ombaknya yang cukup besar sangat bagus untuk kegiatan Selancar, Skyboat, Dll.
            Kelebihan pantai Pangandaran selain airnya yang jernih, Pasir putih yang indah, Ombaknya yang cukup besar, Kita juga bisa melihat Sunset saat matahari terbit, pantai ini juga menyimpan Sejarah tentang adanya penunggu laut selatan yang di sebut Nyi Roro Kidul dan mitos yang beredar di masyarakat, Jangan sekali-kali memakai baju berwarna hijau ke Pantai ini karena bisa mengancam keselamatan dan bahkan nyawa orang yang memakai baju berwarna hijau.
            Selain itu juga tedapat Cagar alam, Situs budaya Goa-goa dan hasil laut yang melimpah, yang menjadikan para penduduk sekitar memanfaatkan semua hasil laut dengan menjadi nelayandan kebanyakan masyarakat sekitar mata pencahariannya sebagai Nelayan, karena selain hasil lautnya bisa di jual langsung ketempat pelelangan nelayan juga bisa mengawetkan hasil tangkapan dengan  pengasinan (Dijadikan asin) dengan proses penggaraman.
            Masyarakat pangandaran selain sebagai nelaya, Masyarakatpun memanfaatkan kehadiran wisatawan dengan berjualan di sepanjang pantai Pangandaran. Masyarakat yang kreatif membuat kerajinan-kerajinan tangan dari limbah kerang untuk dijadikan barang-barang yang ekonomis dan bermanfaat sehingga menghasilkan nilai rupiah yang dapat dijadikan Oleh-oleh atau buah tangan para wisatawan.
            Perekonomian masyarakat lebih maju karena terdapat nya masukan atau pendapatan, tidak hanya itu masyarakat pantai Pangandaran memanfaatkan jasa-jasa pelayanaan seperti adanya penginapan-penginapan, Hotel ,Perahu, Mobil Goes, Dan Jasa Toilet .
            Besar kecilnya pendapatan yang di dapat ini tergantung dari banyak tidaknya wisatawan yang menggunakan jasa tersebut dengan membeli barang jualan masyarakat setempat




























2.      PERUMUSAN DAN PEMBAHASAN MASALAH
A.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah di paparkan sebelumnya maka penulis merumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut                   :
1)      Bagaimana pengaruh pantai pangandaran terhadap perekonomian masyarakat sekitar  ?
2)      Apa Mata pencaharian sebagian besar masyarakat pantai pangandaran ?
B.     Pembahasan Masalah
Apa penulis karya tulis ini terarah maka penulis membatasi masalah ini mengenai
PENGARUH PANTAI PANGANDARAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT SEKITAR



















3.      TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan yang di lakukan penilitian yaitu adapun dengan tujuan penelitian adalah                       :
A.    Tujuan Penelitian       :
1)      Untuk mengetahui mata pencaharian sebagian besar masyarakat pantai pangandaran
2)      Untuk Mengetahui pengaruh pantai pangandaran terhdap perekonomian
masyarakat sekitar
B.     Manfaat Penelitian     :
Manfaat penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut   :
1)      Dapat mengetahui pengaruh pantai pangandaran terhadap perekonomian masyarakat sekitar
2)      Dapat mengetahui mata pencaharian sebagian besar masyarakat pantai pangandaran











4.      METODE DAN TEKHNIK PENELITIAN
A.    Metode Penelitian 
           Metode yang digunakan  dalam penulisan karya tulis ini yaitu Metode Deskritif yaitu
memanfaatkan perekonomian pantai pangandaran berdasarkan data yang di tulis dapat menggambarkan fenomena yang terdapat di lapangan berdasarkan data yang Penulis dapatkan.

B.     Tekhnik Penelitian
           Tekhnik yang digunakan dalam karya tulis ini menggunakan tekhnik Sebagai berikut  :
1)      Observasi
Observasi yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung kepada masyarakat yang ada di sekitar pantai pangandaran.
2)      Wawancara
Wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab langsung kepada narasumber
3)      Dokumentasi.
Dokumentasi yaitu mengambil foto atau gambar menggunakan alat potret seperti kamera.
4)      Study Literatur
Study Literatur yaitu mencari buku atau data sebagai penunjang dalam pembuatan karya tulis ini.





BAB II
1.      LANDASAN TEORI
A.    Pengertian Pengaruh
            Pengaruh menurut  kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu, Orang atau benda yang ikut membentuk watak kepercayaan atau perbuatan seseorang.

Pengaruh menurut pendapat Surahmat Adalah                      :
            Kekuatan yang muncul dari seuatu benda atau orang dan juga yang dapat memberikan perubahan terhadap apa-apa yang ada disekeliling kita.

Pengaruh menurut Uwebecker adalah kemampuan yang berkembang yang berbeda-beda dengan kekuasaan (
www.lepank.com/2012/08/PengertianPengaruh)

            Pengaruh menurut Norman Bary adalah suatu tipe kekuasaan yang jika seseorang yang di pengaruhi agar bertindak dengan cara tertentu.
            Berdasarkan pendapat di atas penulis menyimpulkan bahwa pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari apapun yang ada di sekeliling kita
B.     Istilah  Pantai Pangandaran
            Istilah pantai pangandaran ini memiliki 2 kata pantai dan pangandaran.
Pantai adalah tempat daratan bertemu dengan lautan yang dihancurkan dan di bangun oleh gerakan (
www.anneahira.com/PengertianPangandaran)
pantai adalah   :
Sebuah bentuk geografis yang terdiri atas pasir dan terdapat di daerah pesisir laut dan menjadi pembatas antara daratan dan pesisir laut (
www.NurulYogya.blogspot.com/2012/06)
 
Pangandaran terdiri dari 2 kata yaitu pangan dan daran yang artinya           :
Pangan            adalah makanan dan daran adalah pendatang. Jadi pangandaran adalah sumber makanan para pendatang (
www.mypangandaran.com/Profil/Detail)
C.     Pengertian Perekonomian
            Secara umum bisa dibilang bahwa Ekonomi adalh sebuah bidang kajian tentang sumber daya material.

            Perekonomian merupakan suatu bidang kegiatan manusia dalam rangka mencukupi kebutuhan tersebut, dalam ilmu ekonomi menyangkut berbagai bidang antara lain : Permintaan, Penawaran, Produksi, Distribusi, Barang Dan Jasa.
Perekonomian tidak dapat di lepaskan karena saling berkaitan. Selain berkaitan dengan wilayah juga perekonomian sumber kekayaan alam, sumber daya manusia, Cita-cita, Kekuasaan dan  Kebijaksanaan Perekonomian.

D.    KONSEP MASYARAKAT
            Masyarakat pantai pangandaran memiliki konsep ekonomi yang memanfaatkan sumber daya yang ada misalnya       :
Ikan, kerang, dan hasil laut lainnya dari hasil laut yang ada masyarakat memanfaatkan juga ikan hasil laut yang dijadikan asin dan limbah kerang yang dijadikan Cendra mata, Ada juga mata pencaharian yang bergerak di bidang jasa seperti Hotel, Penginapan, Perahu, Odong-odong Dan Sepeda Sewa usaha itu semua menjadikan masyarakat pangandaran mendapatkan  banyak untung apalagi jika musim liburan tiba.







BAB III
PEMBAHASAN
            Pengaruh pantai pangandaran terhadap perekonomian masyarakat sekitar, Pengaruh pantai pangandaran sangatlah besar karena selain dari hasil laut yang melimpah membantu meningaktkan pendapatan masyarakat pantai pangandaran yang sebagian besar sebagai nelayan
            Adapun dari pengunjung yang banyak mengunjungi pantai Pangandaran menjadikan para pedagang sekitar pantai sangat terbantu dengan kehadiran Wisatawan karena selain bisa menjual Makanan, Cendra Mata, Menyewakan Sepeda, Mobil Goes, yang meningkatkan perekonomian masyarakat skekitar karena jika pengunjung Pangandaran banyak maka perekonomian sekitarpun akan semakin meningkat dengan begitu banyak banrang dagangan yang laku terjual oleh para pedangang pantai pangandaran.
            Dengan adanya objek wisata pantai pangandaran yang semakin terkenal menjadikan perekonomian sekitarpun semakin maju, dikarenakan penduduk bisa menjajakan dagangan nya di sekitar pantai pangandaran selain itu juga kebanyakan menyewakan penginapan seperti : Losmen, Dan Hotel disamping itu banyak pedagang asongan yang ikut berdagang disekitaran Hotel.
            Masyarakat sekitar pantai pangandaran sebagian besar memanfaatkan pantai pangandaran dengan cukup baik karena selain memanfaatkan hasil laut sebagaian nelayan untuk mencari ikan, ada juga yang memanfaatkan dengan menyewakan Perahu, Skyboat, Dan lain-lain. Selain itu juga dengan tangan masyarakat yang  kreatif limbah kerangpun mereka sulap menjadi cendra mata atau aksesoris yang indah yang menjadikan nilai ekonomi yang cukup tinggi.
           



            Untuk melihat Pasir putih yang indah disediakan penyewaan perahu sebagai transportasi untuk melihat pasir putih tepatnya yang berada di sebelah timur dari pantai pangandaran jika di klarifikasikan sebagian besar mata pencaharian masyarakat pantai pangandaran :
1)      Sebagai Nelayan
            Nelayan mencari ikan ke laut pada pagi dan sore hari dengan hasil yang banyak mereka bisa menjualnya ke pelelangan ikan (TPI) Ada juga sebagian nelayan yang menjadikan hasil tangkapannya sebagai ikan asin ataupun di konsumsi sendiri.
Salah satu ikan asin khas pangandaran yaitu ikan jambal roti.

2)      Pedagang
            Pedagang pantai pangandaran sangat bergantung pada wisatawan yang datang karena semakin banyak pengunjung maka penghasilan semakin meningkat , Seperti halnya Pakaian, Makanan, Aksesoris ataupun Cendra Mata lainnya yang kira-kira omset/harinya bisa mencapai 2jt/hari untuk pejual pakaian.

3)      Jasa Pelayanan
            Jasa Pelayanan masyarakat pantai pangandaran bisa berupa menyewakan Sepeda, Perahu, Ataupun Mobil Goes yang sangat membantu wisatawan untuk mengelilingi dan melihat tempat-tempat wisata di sekitar pantai pangandaran, disamping itu tidak sedikit masyarakat yang menyewakan Penginapan, Atau Hotel yang sangat membantu bagi para wisatawan yang ingin berlibur dalam waktu yang cukup lama.





BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan                 :
            Pantai Pangandaran merupakan tempat yang potensial dengan banyaknya pengunjung yang menjadikan perekonomian pantai pangandaran sejahtera penduduk Pantai Pangandaran memanfaatkan Pangandaran sebagai sumber ekonomi ada yang memanfaatkan hasil laut yaitu sebagai Nelayan, Pedagang, Pengrajin Dan Penawaran Jasa yang sangat menguntungkan bagi wisatawan maupun sebaliknya.
            Pantai Pangandaranpun berpengaruh sangat besar bagi masyarakat setempat karena semakin banyak pengunjung yang datang ke Pantai Pangandaran maka semakin banyak pula Barang yang di jual dan menjadikan pendagang mendapat untung cukup besar ataupun yang bergerak di bidang jasa mempunyai untung jika banyak yang memakai jasanya.

2.      Saran                           :
            Sehubungan Dengan penelitian yang telah dilakukan dengan tulisan ini tidak ada salahnya apabila penulis memberikan saran yaitu sebagai berikut                     :
1)      Kepada pengelola agar lebih memperhatikan kebersihan pantai pangandaran  seupaya tidak adalagi sampah yang berserakan di sekitar pantai pangandaran
2)      Kepada Pemda Ciamis supaya menambah daya tarik Pantai Pangandaran supaya lebih banyak para wisatawan yang datang untuk berkunjung dan berlibur di Tempat-tempat di sekitar Pantai Pangandaran yang nanti nya akan menambah pundi rupiah dan meningkatkan nilai ekomoni di sekitar Pantai Pangandaran
3)      Kepada Masyarakat sekita supaya lebih bisa menjaga kebersihan dan keselarasan pantai pangandaran agar Pantai Pangandaran Menjadi salah satu Objek Wisata yang di kenal di Mancanegara .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar